Monday, September 5, 2016

Ikan Mas Koki Mutiara


Oke kita lanjut berkenalan dengan Ikan Mas koki Mutiara, ikan jenis ini berasal dari negara china dan jepang  termasuk didalam keluarga Cyprinidae dengan nama ilmiah nya Carassius auratus, ikan ini hidup di lingkungan air tawar dengan suhu antara 65 – 78 derajat Farenheit, merupakan jeni ikan yang bersifat omnivora dengan jenis makanan terdiri dari Pelet, serpih, makanan hidup sayuran dan buah buahan untuk ukuran badanya adalah sekitar 4-6 inchi untuk yang dewasa, dan umur hidupnya berkisar antara 10-15 tahun, jenis perawatanya masuk kepada level Mudah dan ikan ini memiliki sifat yang ramah, Jika diperhatikan pada saat anda melihat kilauan mutiara dibalik sisik ikan ini dan  ikan mas koki Mutiara ini dapat dikenali dengan sisiknya yang menonjol dan terlihat seperti mutiara.
Bentuk tubuh ikan jenis ini adalah bulat dan mirip dengan bola kasti dengan sirip yang panjang atau pendek. Kedalaman tubuh ikan ini setidaknya 2/3 dari panjang tubuh. Sirip ekor ganda yang bercabang dan bertahan di atas horizontal.
Makanan ikan mas koki Mutiara
hampir semua jenis makanan segar atau pelet dan tersedia dalam berbagai jenis warna seperti oranye, merah, biru, merah-putih, hitam, coklat, kuning dan belacu. Sebuah variasi yang sangat populer dari ikan mas Mutiara  adalah ikan mas koki Mutiara Mahkota  yang mengembangkan jambul di kepalanya mirip dengan Oranda.
Ikan mas Mutiara  yang dipelihara dalam akuarium dapat mencapai panjang sekitar 4-6 inci dan hidup setidaknya 10-15 tahun. Ini dianggap sebagai salah satu spesies ikan mas handal  mewah dan dapat direkomendasikan untuk pemula.
Karena tubuh telur bentuknya, ikan mas koki Mutiara  bukanlah perenang yang sangat baik dan tidak sangat kompetitif ketika makanan disajikan. Sisi mutiara dapat dengan mudah rusak oleh penanganan yang kasar dan benda tajam di akuarium.
Hati-hati saat memindahkan menggunakan jaring karena ketika mereka kehilangan 'mutiara' skala itu hanya akan tumbuh skala biasa. Pasangan yang ideal terbaik untuk ikan mas koki Mutiara  adalah ikan mas berekor ganda, ikan mas perenang lambat seperti ikan mas Fantail, ikan mas koki Ranchu, ikan mas kiki Lionhead, ikan mas kiko Black Moor atau varietas lain yang sejenis. Jangan mencampur dengan varietas ikan berekor tunggal, seperti ikan mas Komet, ikan mas Shubunkins atau ikan mas Common.
Koki Mutiara bisa dibedakan dari strain maskoki lainnya, karena bentuknya yang khas. Perutnya besar bulat seperti bola kasti. Kepala dan moncong mulutnya kecil. Ekornya juga kecil agak melebar. Sisiknya benjol-benjol besar agak membulat seperti mutiara. Karena bentuk sisiknya inilah, ia disebut Koki Mutiara.
Berdasarkan bentuk kepala, ada koki mutiara berjambul dan ada yang tidak. Koki mutiara berjambul penampilannya dianggap lebih aneh dan indah, sehingga harganya pun bisa lebih mahal.
Berdasarkan warna, banyak sekali ragam warna koki mutiara. Beberapa diantaranya yang telah banyak dikenal adalah merah keemasan, putih polos, kuning, marbel (belang), campuran merah dan putih, rasket (bentuk seperti maskoki Kaliko, warnanya kombinasi merah dan putih), serta hitam polos.
“Yang hitam polos itu sebetulnya tidak hitam betul, akan tetapi hitam kehijauan”, Hardjito menerangkan. Koki mutiara hitam tergolong langka.
Koki Mutiara Yang Baik
Koki mutiara yang dianggap baik oleh penggemar adalah ikan yang secara keseluruhan terlihat bulat, sisik benjol-benjol membulat nyata. Bentuk badan secara keseluruhan terlihat bulat seperti bola kasti. Ikan yang bentuk badannya agak memanjang, dianggap kurang baik mutunya. Walau begitu ada juga pedagang yang bilang, bahwa koki mutiara yang bentuk badannya membulat adalah ikan betina, sedang yang memanjang adalah ikan jantan.
Menurut Ali (peternak ikan hias di Ciganjur, Jakarta), ikan jantan dan betina bisa dibedakan dengan memperhatikan warna sirip depan di dekat kepala. Koki mutiara jantan pada siripnya terdapat bintik-bintik putih yang menonjol seperti butiran-butiran garam, sedang ikan betina tidak terdapat warna serupa itu.
Digemari Para Pemula
Menurut Hardjito, peminat koki mutiara umumnya penggemar yang masih pemula. Perawatan maskoki ini tidak berbeda dengan maskoki lainnya. Asal tidak terjadi kesalahan perawatan, pasti ikan akan hidup normal dan sehat. Jangan sampai ikan diberi pakan berlebihan, agar sisanya tak mengotori akuarium. Air yang telah kotor harus cepat diganti dan kotoran yang mengendap disedot ke luar. Air penggantinya adalah air sumur biasa yang telah diendapkan dua malam.
Koki mutiara bagus sekali dipelihara secara kelompok atau berpasangan dalam akuarium, yang penting jumlah ikannya harus sesuai dengan daya tampung akuarium. Yang harus diperhatikan adalah mutu airnya, jangan sampai kotor dan ada sisa makanan membusuk di dalamnya. Sebab bisa menjadi sarang penyakit dan membahayakan kesehatan ikan.

Beberapa tips didalam merawat ikan mas koki mutiara
Berikut ini beberapa tips atau cara didalam merawa ikan mas koki mutiara yang merupakan ikan yang sangat lucu  dengan bentuk badan yang ngendut, perut yang bulat seperti balon dan warna yang cerak ke orangye, yang membuat anda gemes dan yang ingin memandangnya dan memilikinya didalam kamar anda, nah ini dia tip dan trik merawat ikan mas koki mutiara :
·         Anda beli aquarium dan peralatan nya, ukuran aquarium dan peralatanya disesuaikan saja dengan ukuran ikan yang akan anda pelihara, misal : aquarium ukuran 40x20 cm, mesin pompa 5w, filter, selang 1m dan juga sediakanlah alat penghasil gelembung udara di akuarium (air pump). Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan oksigen di dalam akuarium dan menjaga kejernihan air akuarium.
·         Belilah Hiasan Aquarium, yang bertujuan untuk memberikan berbagai ornamen, seperti pasir, batu-batuan, dan tanaman sehingga dapat menambah keindahan dari  akuarium tersebut. Namun, terkadang ornamen-ornamen tersebut juga dapat mengotori air akuarium dan air yang kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit pada ikan mas koki mutiara. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan ornamen-ornamen tersebut sebelum memasukkan ke dalam akuarium.
·         Janganlah dulu buru-buru beli ikan mas koki mutiara, proses memelihara ikan itu harus sabar, kerena aquarium yang yang sudah dibeli tadi harus direndam dulu dengan air selama 3-7hari agar bau lem pelekat kacanya hilang, setelah 7 hari baru  bisa anda pake.
·         Jangan memberi makan terlalu banyak pada ikan anda, karena ikan mas koki mutiara itu ikan yang rakus(banyak makan), setiap anda kasi makan pasti akan dimakanya tapi jika kekenyangan ikan anda bisa mati. dan keseringan memberi makan juga akan membuat air didalam aquarium cepat kotor. Berikan makanan kepada ikan mas koki mutiara juga harus diperhatikan. Kita bisa membuat jadwal untuk memberikan makan ke ikan peliharaan kita agar ikan dapat tumbuh dengan baik. Biasanya, ikan koki mutiara diberi makan pada waktu pagi dan sore. Selain itu, perhatikan juga takaran dalam memberi makan ikan. Belikanlah makan secukupnya sesuai jumlah ikan yang kita pelihara. Jangan sampai makanan tersebut tesisa di dalam akuarium. namun, hal tersebut memang cukup sulit. Oleh karena itu, periksa selalu makanan sisa ikan. Jika ada makanan yang tersisa, segera ambil sisa makanan tersebut. Hal ini bertujuan agar air akuarium tidak kotor.
·         Kebersihan air sangat penting untuk keberlangsungan hidup ikan koki peliharaan kita Teraturlah dalam membersihkan aquarium dan peralatan ikan anda, Oleh karena itu, kita perlu mengontrol kebersihan air akuarium. Jika air akuarium sudah kotor, segeralah ganti air tersebut. Namun, biasanya air akan kotor sekitar dua minggu setelah kita menggantinya. Maka, buatlah jadwal dua minggu sekali untuk mengganti air akuarium ikan peliharaan kita, karena penyebab penyakit ikan adalah kotoran ikan itu sendiri, di tempat itulah virus, bakteri dan penyakit berkembang biak.
·         Didalam mengganti air akuarium, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Yang pertama yaitu memindahkan terlebih dahulu ikan dari akuarium dengan menggunakan jaring ke bak yang sudah terisi air. Selanjutnya adalah membersihkan akuarium dengan menggunakan spon dan perlengkapan pembersih yang  lainnya. Setelah akuarium anda dibersihkan, isi kembali akuarium dengan air bersih, gunakanlah air yang sudah diendapkan selama sekitar dua hari. Kemudian, ikan koki mutiara peliharaan kita sudah bisa dimasukkan kembali di dalam akuarium. Nyalakan air pump untuk memberikan gelembung udara di dalam akuarium.
·         Jika ikan anda ada kejangalan dari biasanya, baik itu tingkah laku, atau dari porsi makan nya atau pun perubahan dari warna sirip nya mungkin saja ikan mas koki anda sedang sakit.

Cara Melakukan Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara
Ikan koki mutiara adalah jenis ikan mas yang memiliki tubuh yang bulat dengan memiliki kepala yang kecil dan ekor yang lebar. Ikan ini berasal dari daratan cina, namun di Indonesia sudah lama bisa dibudidayakan. Dalam pemasaran ikan ini selain didalam negeri juga merupan termasuk jenis yang di eksport dan memiliki harganya yang terbilang cukup tinggi.
Nah berikut ini adalah beberapa tahapan didalam membudidayakan ikan mas koki mutiara,
Pemilihan Induk
1.       Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur ± 8 bulan dengan ukuran minimum sebesar telur itik.
2.       Pilih induk yang berkepala kecil dengan memiliki tubuh yang bulat, sisik utuh dan tersusun rapih. Bila ikan sedang bergerak maka ekor dan sirip pun akan kelihatan tegak.
3.      Agar mendapatkan keturunan yang berwarna maka calon induk yang akan dipijahkan berwarna polos. Maka dari itu gunakanlah induk jantan yang berwarna putih dan betina berwarna hitam atau hijau lumut atau sebaliknya.
Perbedaan Jantan Dan Betina
Induk Jantan
Pada sirip dada terdapat bintik-bintik bulat yang menonjol dan apabila diraba maka terasa kasar. Dan induk yang telah matang apabila diurut pelan kearah lubang genital maka akan keluar cairan yang berwarna putih.
Induk Betina
Pada sirip dada terdapat bintik-bintik dan terasa halus apabila diraba. Dan jika diurut maka keluar cairan bening pada induk yang telah matang, perut matang perut terasa lembek dan lubang genital kemerah-merahan.
Cara Pemijahan
1.       Hal yang pertama siapkan bak/aquarium yang bersih kemudian diisi dengan air yang telah diendapkan ± 24 jam, lalu letakkan eceng gondok untuk melekatkan telurnya.
2.       Yang kedua pilihlah induk yang telah matang telur, lalu masukkan kedalam bak pada sore hari. Apabila pemilihan induk dilakukan dengan cermat maka biasanya keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok.
3.       Yang ketiga karena telur tidak perlu dierami, induk dapat segera dipindahkan ke kolam penampungan induk untuk menunggu sampai saat pemijahan selanjutnya apabila perawatan baik maka 3-4 minggu lalu induk sudah bisa dipijahkan kembali.
Tahap Pemeliharaan Benih
1.       Begitu 2-3 hari maka telur akan menetas, hingga berumur 2-3 hari benih belum diberi makan, karena masih memiliki persediaan makanan pada yolk sac-nya ( kuning telur ).
2.       Pada hari ke 3-4 benih sudah bisa diberi makan kutu air yang telah disaring.
3.       Setelah berumur ± 15 hari benih mulai dicoba diberi cacing rambut disamping masih diberi kutu air sampai benih keseluruhannya mampu memakan cacing rambut baru pemberian kutu air dihentikan.
4.       Bagi telur yang ditetaskan di aquarium maka sebaiknya setelah benih berumur ± 1 minggu dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas.
5.       Untuk ketinggian air dalam bak 10-15 cm dengan pergantian air 5-7 hari sekali, setiap pergantian air gunakan air yang telah diendapkan lebih dahulu.
6.       Untuk menghindari sinar matahari yang terlalu terik diperlukan beberapa tanaman pelindung berupa eceng gondok.
Tahap Pembesaran
Untuk tahap ini yang perlu dilakukan yaitu :
1.       Pembesaran ikan dilakukan setelah benih berumur lebih dari 1 bulan sampai induk.
2.       Untuk jenis koki mutiara ini memerlukan banyak sinar matahari, maka untuk itu tanaman eceng gondok dapat dikurangi atau dihilangi.
3.       Untuk tahap yang tahap pertama dalam pembesaran dapat ditebar ± 1.000 ekor ikan dalam bak berukuran 1,5 x 2 m. lalu penjarangan dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan dibagi menjadi 2.
4.       Pergantian air bisa dilakukan dalam 3-5 hari sekali, juga dengan air yang telah diendapkan.
5.       Pada makanan yang diberikan berupa cacing rambut, makanan diberikan pada pagi hari secara adlibitum ( secukupnya ), jika pada sore hari makanan masih tersisa, segara diangkat/dibersihkan.
6.       Begitu telah berumur 4 bulan ikan sudah merupakan calon induk, maka untuk itu jantan dan               betina segera dipisahkan hingga berumur 8 bulan yang telah siap dipijahkan. Untuk induk ikan           sebaiknya makanan yang diberikan yaitu berupa jentik nyamuk ( cuk ).
1     Pada sepasang induk bisa menghasilkan telur 2.000 s/d 3.000 butir untuk sekali pemijahan.
Pemasaran / Harga Jual
Pada ikan mas koki mutiara memiliki nilai ekonomi yang terbilang cukup tinggi. Untuk benih yang masih berumur 1 bulan harganya berkisar Rp 30 ,- s/d Rp 50 ,- sedangkan sepasang induk berkisar Rp 5000,- s/d 10.000 ,- dengan cara pemeliharaan yang tepat dan dengan disertai ketekunan bisa diharapkan penghasilan yang lumayan atau maksimal.

Demikianlah rangkuman mengenai pembahasan ikan mas koki, semoga saja bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi anda pengemar ikan maskoki mutiara agar didalam melakukan aktifitas / hobby memelihara ikan mas koki tidak mengalami kendala yang berarti, disini saya hanya bisa memaparkan saja karena sumber yang saya dapat adalah rangkuman dari berbagai sumber, sekali lagi semoga rangkuman mengenai ikan mas koki ini bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih